4 Tips Membuat Data di Smartphone Lebih Aman

  • Whatsapp
4-Tips-Membuat-Data-di-Smartphone-Lebih-Aman
Foto dari apple.com

Smartphone merupakan item yang rasanya saat ini hampir dimiliki setiap orang. Saat Anda memiliki smartphone canggih kesayangan seperti iPhone SE 2020, Anda mungkin tidak hanya menggunakannya untuk berkomunikasi atau memudahkan pekerjaan saja. Namun Anda juga akan menyimpan segala data pribadi dalam smartphone tersebut. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk memastikan data-data dalam smartphone tersimpan dengan aman.

Membuat Data di Smartphone Lebih Aman

Akan tetapi data pribadi yang Anda simpan dalam perangkat digital seperti smartphone tentu beresiko untuk dicuri dan dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Agar bisa terhindar dari hal ini, Anda bisa mengikuti tips-tips berikut untuk membuat data pribadi di smartphone bisa lebih aman.

1. Menggunakan lock screen

Cara yang paling sederhana untuk mengamankan data-data dan file yang ada dalam smartphone Anda yaitu dengan menggunakan fitur lock screen. Dengan cara ini, setidaknya orang-orang lain tidak akan bisa seenaknya mengakses smartphone Anda tanpa sepengetahuan Anda sebagai pemiliknya.

Ini juga bisa bermanfaat jika suatu hari smartphone Anda hilang dan ditemukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Supaya lebih aman Anda juga bisa memilih lock screen dengan fitur sidik jari atau pengenal wajah jika Anda rasa lock screen menggunakan pola atau kode angka terlalu mudah diketahui.

2. Melakukan back up data

Di smartphone, Anda pasti akan banyak menyimpan data-data atau file yang bagi Anda sangat berharga. Anda tentu tidak ingin jika suatu saat file atau data ini dicuri atau mungkin hilang karena satu atau lain hal. Maka, Anda bisa melakukan tindakan pencegahan untuk lebih mengamankan dan memberi proteksi untuk data-data Anda dengan melakukan back up data pada berbagai platform yang tersedia.

Misalnya Anda bisa menggunakan icloud jika Anda menggunakan smartphone iPhone SE 2020 ataupun platform-platform back up data lain yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

3. Berhati-hati saat melakukan browsing

Banyak hacker-hacker jahil yang mencuri data para pengguna smartphone dengan cara melakukannya saat si pemilik smartphone melakukan aktivitas browsing. Maka, Anda harus lebih berhati-hati ketika Anda melakukan browsing, terlebih aktivitas ini tentunya adalah salah satu aktivitas yang cukup sering dilakukan oleh para pengguna smartphone.

Sebaiknya Anda hanya browsing atau mengunjungi situs-situs yang sudah Anda pastikan keamanannya. Untuk mengetahui situs tersebut aman atau tidak, salah satu ciri yang bisa Anda lihat adalah alamat URL berupa https pada situs tersebut atau juga dengan adanya logo yang menandakan bahwa situs tersebut telah dienkripsi. Untuk membuat lebih aman, Anda juga lebih baik melakukan mode private pada browser Anda.

4. Menginstal antivirus

Anda tidak akan pernah tahu kapan smartphone diserang oleh virus. Virus pada smartphone ini bisa masuk dari berbagai celah saat Anda melakukan berbagai aktivitas dengan smartphone menggunakan koneksi internet. Untuk memberi perlindungan terhadap smartphone dan data-datanya serta membuat Anda bisa merasa lebih aman saat melakukan berbagai aktivitas di internet, ada baiknya Anda menginstall anti virus untuk smartphone yang kini banyak tersedia.

Dengan memasang antivirus, setidaknya Anda bisa melindungi data-data atau file penting yang ada dalam smartphone agar tidak rusak ketika sebuah virus menyerang sistem smartphone Anda.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk lebih membuat data-data dalam smartphone Anda bisa aman. Dengan data-data yang aman, Anda bisa lebih nyaman melakukan berbagai aktivitas melalui smartphone iPhone SE 2020 kesayangan Anda.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *