5 Fakta Penggunaan Microwave yang Harus Anda Ketahui

  • Whatsapp
5-Fakta-Penggunaan-Microwave-yang-Harus-Anda-Ketahui
Foto dari Canva Pro

Dewasa ini, aktivitas rumah tangga berkat pengembangan teknologi yang mendukung kemudahan dan kepraktisan bekerja. Para ibu bisa memiliki waktu luang lebih banyak sebab memiliki berbagai alat elektronik rumah tangga yang sangat membantu. Selain oven untuk membuat roti atau memanggang makanan tertentu, Anda wajib mempertimbangkan penggunaan microwave untuk menghangatkan makanan lebih cepat dengan harga yang terjangkau kantong.

Fakta mengenai microwave yang benar

Banyak orang yang enggan menggunakan microwave dengan alasan kesehatan sebab alat penghangat makanan ini dikabarkan bisa menyebabkan kanker. Benarkah demikian? Yuk, ketahui fakta konkrit penggunaan alat penghangat dengan daya pemakaian listrik besar berikut!

1. Tidak mengubah makanan menjadi radioaktif

Alat penghangat makanan yang punya kemampuan memanaskan makanan dalam waktu cepat bekerja dengan cara memproduksi radiasi untuk menyerap air pada makanan. Tingkat kelembaban yang menurun membuat makanan menjadi lebih kering. Anda mau memanggang kentang lebih cepat matang dengan tekstur renyah, maka segera beli produk alat elektronik yang sangat bermanfaat ini.

2. Mengubah nutrisi makanan

Sebenarnya semua cara memasak bisa mengubah nutrisi makanan bila dilakukan dengan cara pemanasan. Hal seperti itu pula yang berlaku dengan penggunaan microwave atau alat pemanas lain, bahkan memasak makanan dengan cara rebus atau kukus pun.

Jenis makanan yang mengandung vitamin C bisa terpecah saat makanan tersebut dipanaskan. Hanya saja pada penggunaan microwave, nutrisi makanan bisa terjaga lebih baik sebab alat pemanas ini bisa menghangatkan makanan lebih cepat dibandingkan dengan jenis oven terbaik mana pun.

3. Tidak menyebabkan kanker

Anggapan Anda akan terkena kanker bila berdiri di depan pemanas makanan merupakan mitos belaka. Orang bisa terkena kanker bila mengkonsumsi makanan yang telah terkontaminasi senyawa karsinogen. Membungkus makanan dengan wadah plastik yang tidak ada label microwave safe sangat tidak direkomendasikan.

4. Penggunaan bahan metal ke dalam microwave dilarang

Untuk memanaskan makanan ke dalam alat yang ditemukan oleh Perry Spencer ini, Anda tidak bisa menggunakan bahan metal yang tipis pun. Hal ini dikarenakan bahan metal mengandung elektron yang bila terkena radiasi gelombang elektromagnetik bisa menyebabkan percikan api. Alih-alih memanaskan makanan, maka risiko kecelakaan di dapur bisa membahayakan keselamatan Anda, bukan?

5. Harga yang ditawarkan di pasaran

Di era modern ini, Anda bisa membeli berbagai merek microwave dengan harga yang bervariasi mulai ratusan ribu hingga satu jutaan rupiah saja. Namun, ada alat pemanas yang dibandrol dengan harga ratusan juta rupiah pertama kali yaitu RadaRange. RadaRange hasil percobaan Spencer dibandrol harga sekitar 700 juta rupiah, lho!

Dengan bantuan gelombang elektromagnetik yang bisa memanaskan makanan lebih cepat, Anda memang harus memiliki kapasitas daya listrik yang cukup besar di rumah. Berbeda dengan oven yang membutuhkan kapasitas listrik yang lebih kecil, tapi waktu pemanasan lebih lama dengan pemakaian listrik lebih boros. Selain itu, oven sangat cocok untuk orang yang suka aktivitas memasak atau memanggang roti di rumah.

Penggunaan microwave cocok untuk Anda yang bekerja di kantor atau tidak punya waktu lebih lama untuk memanaskan makanan. Tinggal masukkan makanan ke dalam wadah yang aman, lalu tunggu sebentar saja untuk hasil makanan yang sudah matang dan renyah. Yuk, beli alat pemanas makanan dengan ukuran dan volume kecil yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda secara online! Pastikan Anda membeli produk elektronik rumah tangga di toko online terpercaya sekarang juga, ya!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *