5 Fungsi Penting Laporan Laba Rugi

  • Whatsapp
5-Fungsi-Penting-Laporan-Laba-Rugi
Foto dari Canva

Penyusunan laporan keuangan sangatlah penting untuk dilakukan oleh sebuah perusahaan. Meskipun perusahaan Anda masih berskala kecil, pembuatan laporan ini tetap penting untuk dilakukan. Salah satu dokumen laporan yang memiliki fungsi penting bagi sebuah bisnis atau perusahaan adalah laporan laba rugi. Jenis laporan ini punya peran besar untuk mendukung kemajuan bisnis yang Anda jalankan.

Laporan laba rugi, untuk apa?

Sesuai dengan namanya, laporan ini akan memuat informasi laba dan rugi dari sebuah perusahaan. Melalui laporan tersebut akan ditampilkan data pengeluaran dan pemasukan sehingga bisa diambil kesimpulan apakah perusahaan mengalami laba atau rugi. Berikut ini adalah 5 fungsi penting laporan laba dan rugi yang penting untuk Anda pahami:

1. Bahan Evaluasi Perusahaan

Fungsi pertama, laporan ini bisa digunakan sebagai bahan evaluasi perusahaan. Sebuah perusahaan memang harus melakukan evaluasi secara berkala. Evaluasi ini dilakukan agar perusahaan bisa terus berkembang ke arah yang lebih baik dan skala yang lebih besar. Laporan ini akan menjadi acuan tahap evaluasi tersebut.

Melalui data-data yang ada di laporan ini Anda bisa menentukan apakah memang perusahaan telah menunjukkan track record yang baik atau tidak. Laporan tersebut juga akan menunjukkan apakah performa perusahaan bagus atau tidak. Dengan begitu Anda bisa mengambil langkah tepat untuk pengelolaan bisnis yang lebih baik.

2. Acuan Pengembangan Bisnis

Laporan ini akan menjadi acuan bagi Anda untuk mengembangkan bisnis. Dalam proses pengembangan bisnis, harus ada acuan yang dipegang. Laporan laba rugi ini bisa menjadi dasar karena menunjukkan status bisnis secara keseluruhan dari segi finansial. Langkah pengembangan bisnis yang Anda ambil akan sangat sesuai dengan kondisi perusahaan sehingga bisa berjalan lebih efektif.

Pada dasarnya apapun status bisnis Anda, pasti harus ada langkah pengembangan yang diambil. Jika status perusahaan rugi maka Anda bisa mengambil langkah tepat untuk menurunkan kerugian tersebut. Jika status perusahaan laba maka Anda juga bisa mengambil keputusan yang membuat laba meningkat.

3. Mengetahui Risiko Bisnis

Semua bidang bisnis pasti punya risiko masing-masing. Penting sekali bagi pelaku bisnis untuk memahami risiko bisnis apa yang harus diwaspadai. Hal ini bisa diketahui setelah Anda melihat laporan laba dan rugi. Data keuangan ini akan membuat Anda paham risiko bisnis seperti apa yang mengintai bisnis Anda sehingga bisa disikapi dengan lebih baik lagi.

4. Analisis Strategi Perusahaan

Fungsi laporan laba dan rugi lainnya adalah bisa menjadi alat analisis strategi perusahaan. Agar bisa berkembang lebih jauh dan lebih besar maka perusahaan butuh strategi. Penyusunan strategi ini harus dilakukan dengan mempertimbangkan berbagai aspek.

Dengan melihat laporan keuangan laba dan rugi maka Anda bisa lebih mudah menyusun strategi bagi perusahaan. Anda jadi punya gambaran tujuan apa yang ingin dicapai oleh bisnis tersebut berdasarkan laporan keuangan tadi. Dengan begitu analisis strateginya jadi lebih mudah dan pasti efektif.

5. Acuan Menentukan Investasi

Ternyata laporan keuangan laba dan rugi ini juga bisa menjadi acuan dalam menentukan investasi. Ketika menjalankan sebuah bisnis, Anda juga harus mengambil pilihan investasi. Laporan ini akan menjadi petunjuk akurat bagi Anda, kira-kira jenis dan langkah investasi seperti apa yang harus diambil.

Itulah tadi beberapa fungsi penting laporan laba rugi. Anda bisa memilih beragam jenis investasi bisnis yang menguntungkan. P2P lending adalah salah satu metode investasi yang sangat direkomendasikan karena bisa memberi profit yang optimal dan tentunya akan menguntungkan bisnis Anda.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *