6 Tips Mencari Jasa Ekspedisi yang Tepat untuk Bisnis Anda

6-Tips-Mencari-Jasa-Ekspedisi-yang-Tepat-untuk-Bisnis-Anda
Foto dari Canva

Saat ini jasa ekspedisi atau pengiriman tengah berkembang dan bersaing dengan ongkos kirim murah dalam mengirim barang. Perkembangan ini diiringi dengan meningkatnya jual beli secara online atau dalam jaringan (daring) di Indonesia. Mulai dari perusahaan besar hingga usaha mikro kecil menengah (UMKM) menggunakan jasa ini. Dengan demikian, mereka dapat menjangkau konsumen lebih luas.

Memilih Jasa Ekspedisi

Ketika Anda memiliki bisnis yang dipasarkan secara online, sehingga mendapat calon konsumen dari luar daerah Anda, maka Anda sebaiknya memilih jasa ekspedisi pengiriman barang yang tepat. Berikut adalah beberapa tips dalam memilih ekspedisi:

1. Pertimbangkan Kecepatan Pengiriman

Estimasi waktu pengiriman dan kapan barang tiba merupakan salah satu hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih ekspedisi. Pilihlah ekspedisi yang memberikan estimasi lama atau singkatnya pengiriman barang. Dengan demikian, Anda dapat memperkirakan kapan barang yang Anda kirim akan tiba di tempat tujuan.

2. Opsi Jalur Pengiriman

Selain memperhatikan estimasi kecepatan pengiriman, perhatikan jalur dan moda transportasi yang digunakan untuk pengiriman. Opsi ini akan membedakan perkiraan biaya yang Anda keluarkan untuk ongkos kirim.

Ada beberapa opsi yang dilakukan oleh ekspedisi yaitu melalui jalur darat, laut, dan udara. Harga menggunakan jalur udara lebih mahal dibandingkan dengan jalur darat dan laut, tetapi paket yang dikirimkan akan lebih cepat sampai ke tangan pembeli.

Anda juga perlu memperhatikan perusahaan transportasi mana saja yang bekerja sama dengan sebuah jasa ekspedisi. Hal ini memastikan bahwa barang yang Anda kirim berada di tangan yang tepat.

3. Harga yang Bersaing

Anda dapat melakukan survei mengenai biaya pengiriman, termasuk ongkos kirim murah untuk ekspedisi. Dengan harga yang bersaing, Anda akan dapat menentukan ekspedisi mana yang dapat menjadi langganan atau member untuk pengiriman barang-barang Anda.

4. Mudah Dilacak

Pastikanlah perusahaan ekspedisi langganan Anda apakah dapat melacak keberadaan barang yang masih dalam proses pengiriman. Dengan teknologi mudahnya pelacakan ini, Anda akan lebih merasa tenang dan aman.

Pilihlah ekspedisi yang telah menerapkan sistem komputerisasi sehingga mempermudah dalam proses pelayanan. Beberapa ekspedisi juga telah memiliki aplikasi, sehingga Anda dapat menggunakan aplikasi tersebut untuk melakukan pengecekan dan memperkirakan biaya ongkos kirim.

5. Memahami Syarat dan Ketentuan

Sebelum memulai untuk mengirim barang dengan ekspedisi, Anda sebaiknya membaca syarat dan ketentuan yang berlaku di perusahaan tersebut. Dengan demikian, Anda dapat mengetahui apa saja yang bisa dikirim dan apa saja yang tidak boleh dikirim.

6. Memperhatikan Muatan

Saat akan mengirim muatan menggunakan ekspedisi, perhatikan beberapa hal seperti tipe muatan, cara mengemas, dan adanya jasa asuransi.

Tipe barang atau muatan sebaiknya diperhatikan, terutama bagian kemasan dalamnya dan apa saja yang harus dipersiapkan untuk mengemasnya. Jika barang adalah barang elektronik tentu cara perlakuannya berbeda dengan barang seperti kain atau bahan makanan.

Setelah mengetahui tipe muatan, persiapkan bahan yang digunakan untuk mengemas seperti bubble wrap, kardus, atau kertas koran. Kemas barang sesuai dengan ketentuan yang berlaku sehingga aman untuk dikirim.

Gunakanlah jasa pengemasan barang apabila barang yang akan dikirim terlalu besar. Agar lebih merasa aman, Anda dapat menggunakan jasa asuransi untuk barang ekspedisi. Jasa asuransi akan memberikan perlindungan pada barang apabila menemui risiko seperti rusak dan hilang.

Ongkos kirim menjadi hal yang penting saat Anda memulai bisnis daring. Dari ongkos kirim murah, Anda dapat menekan biaya operasional. Namun, Anda harus tetap waspada dari segi kualitas.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.