Cara Membersihkan dan Merawat Lego Si Kecil

  • Whatsapp
Cara-Membersihkan-dan-Merawat-Lego-Si-Kecil
Foto dari Canva Pro

Anak laki-laki identik dengan mainan lego yang mengasah kreativitas dan imajinasi mereka sejak belia. Namun, orang tua juga bisa memberikan lego untuk anak perempuan agar memiliki ketertarikan pada logika dan matematika. Pastikan saja Anda memilih model lego yang disukai anak baik bricks atau tematik. Jika si kecil pencinta superhero, tidak ada salahnya membelikan jenis Lego Marvel yang kekinian.

5 cara membersihkan Lego agar aman dimainkan anak

Anak bisa bermain Lego Marvel sepanjang hari karena menyukai karakter superhero tertentu. Meskipun demikian, Anda harus merawat produk mainan anak dengan baik agar aman dimainkan kapan saja. Bersihkan bagian yang kotor agar tidak menularkan kuman atau bakteri pada anak selama bermain, ya! Supaya Lego yang Anda berikan bisa lebih bersih dan terawat, simak kiat membersihkan Lego berikut ini!

1. Membersihkan bagian yang kotor dengan baik

Tips pertama yang harus Anda lakukan adalah bersihkan bagian yang terkena kotoran dan debu yang menempel menggunakan cotton bud. Bisa pula menggunakan tusuk gigi untuk menjangkau bagian yang sulit dibersihkan, lalu lap dengan kain bersih sisa kotoran yang menempel. Bila menggunakan tusuk gigi, sebaiknya tekan perlahan dan hati-hati agar tidak ada kepingan yang rusak atau patah.

2. Merendam Lego

Bila Anda membeli model Lego bricks, maka bersihkan potongan-potongan Lego dengan cara direndam air dalam sebuah wadah. Gunakan air suam-suam kuku, berikan detergen berbahan lembut dan diamkan selama kurang lebih sepuluh menit. Aduk bagian Lego menggunakan tangan sampai kotoran terlepas, lalu Anda bisa membersihkan kepingan-kepingan Lego dengan air bersih.

3. Gunakan larutan cuka

Fungsi larutan cuka adalah membersihkan bakteri atau kuman yang menempel pada kepingan Lego. Proses desinfeksi bisa menghilangkan kotoran yang menempel selama kurang lebih 10 menit. Untuk menghilangkan aroma cuka pada kepingan setelah proses perendaman, Anda bisa membersihkan kepingan Lego dengan air dingin. Kini Anda tidak perlu was-was anak bermain Lego sebab bebas dari kuman atau bakteri berbahaya, ya!

4. Menggunakan sikat gigi berbulu halus

Anda bisa menyikat bagian-bagian Lego menggunakan sikat gigi baru atau bekas yang memiliki bulu halus. Gunakan sikat gigi untuk menjangkau sudut yang sulit dibersihkan setelah merendam kepingan Lego di dalam air suam-suam kuku. Lakukan secara hati-hati tanpa penekanan berlebihan agar tidak ada kepingan yang patah atau rusak. Dijamin noda atau kotoran yang membandel pada Lego si kecil bakal mengelupas lewat teknik ini.

5. Proses pengeringan manual

Anda bisa menggunakan handuk dengan bahan lembut untuk mengeringkan Lego anak tercinta. Usahakan tidak mengeringkan air yang menempel pada Lego dengan hair dryer yang bisa membuat cat Lego terkelupas. Anda bisa membiarkan kepingan kering secara sendiri atau bisa menggunakan bantuan kipas angin sederhana saja.

Simpan di tempat yang kering dan usahakan terhindar dari debu atau kotoran agar mainan bisa awet dipakai lebih lama. Tidak ada salahnya mengajari anak tentang cara membereskan dan merapikan mainan kembali ke tempatnya.

Yuk, rajin bersihkan dan rawat mainan Lego Marvel favorit si kecil dengan baik! Tidak hanya bisa memberikan jaminan keamanan bagi kesehatan si kecil, mainan yang dirawat dengan baik bisa bertahan lebih lama. Apalagi Anda yang memiliki anak di bawah lima tahun, maka harus rajin mencuci dan membersihkan mainan dengan baik. Jangan lupa untuk mengajari anak bertanggungjawab dengan mainan yang sudah digunakan, ya!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *